Skip to main content

CINTA DI ATAS KAPAL PESIAR



                   


Bab 1 : Riwayat hidup Ku

           Nama ku Rayten. Aku adalah seorang pemuda yang lahir di tahun 1990. Aku tinggal di Sumatra Barat, kota Payakumbuh. Ayah ku adalah seorang pelaut yang bekerja di suatu kapal pesiar yang bisa di bilang sangat besar. Ayah ku sudah memulai karir nya sebagai pelaut semenjak aku masih berumur 2 tahun. Ayah ku jarang pulang, di karena kan dia harus berkeliling dunia dengan kapal pesiar nya. Jika dia pulang palingan dia hanya di rumah sekitar 5 hari dan akan pergi lagi. Sedangkan ibu ku hanya seorang rumah tangga biasa saja, jadi jarang sekali ibu ku keluar kota. Aku mempunyai seorang adik perempuan yang bernama Marwa. Dia lahir di tahun 2000 di bulan juli. Di bilang miskin aku tidak miskin di bilang kaya aku pun tidak kaya, tapi hidup ku ini sudah lebih dari cukup bagi diri ku. Bagi ku masih banyak orang yang di luar sana orang yang lebih tidak beruntung dari pada aku. Aku masih bersyukur Allah memberi ku kehidupan seperti ini.

         *          *          *
 
                  Di hari yang cerah di desa ku Koto Baru, Mungka. Aku pergi untuk menuntut ilmu di Madrasah Tsanawiyah Negri di desa sebelah. Dengan menggunakan motor scopy kesayangan ku, aku berangkat dengat semangat-semangat nya. Saat ini umur ku 15 tahun, aku sudah kelas 3 tsanawiyah. Di sekolah ku, aku di gelari dengan sebutan Letter Z. Aku di panggil seperti itu karena aku sering membuat karangan novel.
       “Rayten Zi Carlos...”
          Aku yakin itu adalah suara teman baik ku Thoriq. Dia memiliki suara khas seperit seorang kiyai. Aku membalas sapaan nya dengan bertanya ada apa?
        “kau di panggil oleh guru untuk datang ke kantor majelis guru!!”
         Aku bertanya-tanya kenapa guru memanggil ku. Padahal kan aku tidak berbuat sesuatu kesalahan atau kejahatan.
        Tanpa pikir panjang aku segera pergi menuju kantor majelis guru. Di sana aku mendapati ada kepala sekolah dan beberapa guru yang berwajah sedih. Aku bertanya pada diri ku sendiri. Sebenar nya apa yang terjadi?.
       “guru-guru sekalian memanggil saya?” aku memulai pembicaraan.
       “duduk lah Rayten!!”
          Aku menurut saja pada kepala sekolah. Aku menduduki sofa khusus untuk tamu yang datang.
      “Apa aku melakukan suatu kesalahan, pak? Sehingga aku harus di panggil ke kantor majelis guru.” Kata ku cemas.
      “Kami memiliki berita duka untuk mu Rayten. Ayah mu seorang pelaut yang hebat dan bijaksana, di temukan terdampar di sebuah pulau di negara India. 4 hari yang lalu kapal pesiar nya tenggelam di perairan India. Kabar Ayah mu baru sampai hari ini ke telinga ibu mu. Ibu mu menyuruh pihak sekolah untuk pergi sekarang ke rumah mu. Aku akan mengantar mu pulang dan motor mu akan ku suruh guru lain yang akan mengantarkan nya ke rumah mu.”
       Kata-kata pak kepala sekolah membuat air mata ku membasahi wajah ku. Seakan-akan aku tidak percaya dengan perkataan kepala sekolah tua itu. Aku segera berlari keluar kantor untuk segera mengambil motor ku. Tanpa mengindahkan kata-kata kepala sekolah aku langsung segera menghidupkan motor ku dan menancap gas motor ku ke arah rumah.
      Sesampai nya di rumah aku melihat seseorang yang telah di tutupi kain kafan yang hendak akan di sholat kan. Aku menatap ibu yang mata nya telah sembab karena menangis.
       “Ibu kita tidak boleh mengubur ayah dulu, ayah bisa bangun kapan saja bu!!”
       “Sudah lah Rayten!!! Ikhlas kan kepergian ayah mu. Ibu tau kamu sedih, tapi menunda pemakaman Ayah mu adalah sesuatu perbuatan dosa Rayten!!!”
       “baiklah bu. Biarkan aku ikut menyolatkan jenazah ayah.”
          Ibu hanya mengangguk di saat aku berkata ingin menyolatkan jenazah ayah. Di perjalanan menuju masjid, aku berkata di dalam hati ku “Jarang pulang, jarang pula memanjakan ku dan hari ini ayah pulang dalam keadaan tidak bernyawa.” Hal itu ku sesali karena memang ayah jarang pulang ke rumah dan jaran g memberi perhatian yang cukup untuk ku

                                *          *         *
              Setelah ayah ku meninggal, aku dan ibu ku berusaha tetap tegar dan berusaha untuk melanjutkan hidup. Dan akhir nya setelah 6 bulan dari kepergian ayah ku ke alam barzakh, aku pun di nyatakan lulus dari Tsanawiyah. Thoriq, teman baik ku yang selalu membuat ku terhibur selama 6 bulan ini menanyakan kemana aku akan menyambung jenjang pendidikan selanjut nya.
              “Sekolah pelayaran di Pariaman!!”
             “Kenapa kamu mau sekolah di sana, Rayten??”
             “Aku mau melanjutkan pekerjaan ayah ku yang sempat terhenti!! Lagi pula, menjadi awak kapal adalah impian ku sejak kecil!!”
              “Kalau begitu aku ikut kau, Rayten. Aku ingin selalu di samping mu, Rayten. Kita bisa bersama-sama dalam segala hal.”
             “Itu tergantung kau saja, Thoriq. Kalau memang kau ingin ikut aku, datang lah ke rumah ku besok. Karena aku akan pergi tes besok kesana. Kita akan berangkat ke sana besok sama-sama.”

Itu lah awal dari cerita cinta ini. Sekolah Pelayaran adalah tujuan hidup ku.
          *          *          *

Bab 2 : Sekolah Pelayaran Kota Pariaman.

           Tiba saat nya di mana aku harus berangkat bersama Thoriq menuju ke daerah yang di sebut Pariaman. Pariaman adalah sebuah kota yang cukup indah bagi ku. Karena ayah ku pernah bilang juga bahwa dia dulu nya belajar menjadi pelaut di kota Pariaman.
         Tanggal 3 Maret 2002 pada hari Rabu, aku dan Thoriq berangkat ke kota Padang. Kami berdua berangkat menggunakan bus jurusan Payakumbuh-Padang. Sengaja aku ambil rute Padang, karena aku dan Thoriq mau jalan-jalan dulu sebentar.
         Sebelum aku pergi aku meminta restu dulu pada ibu ku terlebih dahulu.
          “Ibu, do’a kan lah anak mu ini supaya anak mu ini lulus tes di Sekolah pelayaran nanti. Apa lah arti semua keberhasilan ku tanpa do’a ibu.”
          “Do’a ibu bersama mu, Rayten. Ibu akan selalu mendo’a kan mu setiap hari nya.”
         “aku berangkat dulu, bu. Assalamualaikum bu.”
         “Waalaikumussallam, nak.”
               Di saat aku berpisah dengan ibu. Aku telah berjanji untuk lulus tes dengan nilai terbaik di Sekolah Pelayaran Kota Pariaman.
              Di dalam perjalanan ke kota Padang, aku bertemu dengan seorang yang wajah nya cukup aku kenal tapi aku tidak ingat siapa nama nya. Dia seorang laki-laki yang bertubuh tegap dengan taksiran tinggi nya menurut ku sekitar 170 cm. Aku menatap nya dan dia akhir nya angkat suara untuk menyapa ku.
             “Kamu Rayten kan??” Sapa nya.
             “Iya itu nama ku. Kamu siapa?”
             “Ini aku Ray. Aku Muhammad Ibroh. Teman SD mu!!”
          Aku sempat melamun untuk mengingat siapa dia. Setelah 2 menit melamun akhirnya aku mengingat siapa dia. Ia memang adalah teman lama ku di waktu SD.
            “Kau sudah mengingat nya, Rayten.”
            “Tentu.... bagaimana mungkin aku bisa lupa dengan teman baik macam kau ini Ibroh. Kau apa kabar Ibroh?”
            “Kabar baik, Ray. Kau tidak sendirian ya?”
          Ibroh menanyakan Thoriq yang duduk di sebelah ku. Aku mengatakan kalau Thoriq adalah teman tingkat Tsanawiyah ku. Ibroh mengulurkan tangan nya untuk berkenalan dengan Thoriq. Thoriq pun membalas nya dengan bersalaman bersama Ibroh.
             “ kalian mau ke padang ya? Ada urusan apa kalian kesana?” tanya ibroh.
            “Kami berdua mau mendaftar menjadi seorang Taruna di di Pariaman!! Sengaja ambil rute Padang, biar bisa jalan-jalan dulu. Kamu tinggal di mana sekarang, Broh?” tanya ku kembali.
            “sungguh kebetulan sekali. Aku juga akan mendaftar di sekolah itu untuk menjadi seorang taruna. Sekarang aku tinggal di kota Padang. Kita bisa bersama-sama mendaftar di sana. Insya Allah kalian bisa tinggal di rumah ku selama masa pendaftaran dan tes.”
               Aku dan Thoriq hanya manggut-manggut takzim mendengar tawaran dari Ibroh. Memang kami belum sempat memikirkan kami akan tidur di mana. Dengan mendengar tawaran dari Ibroh, aku dan Thoriq langsung saja mengiyakan tawaran Ibroh. Dia membalas jawaban kami dengan senyuman tampan dari nya.
              Selama di perjalanan kami tidak melakukan apa-apa. Thoriq yang sedang tidur sering aku ganggu dengan mencubit telinga nya dan hidung nya. Jika dia bangun aku tinggal pura-pura tidur saja, gampang kan.
         
                                   *          *          *

                       Setelah sekitar 3 jam di atas mobil bus. Akhir nya aku sampai di kota Padang. Kalian tahu kenapa kota ini disebut kota Padang? Dan alasan nya di jadikan ibu kota Sumatra barat?. Sejarah kota padang tidak lepas dari peranannya sebagai kawasan rantau minangkabau, yang berawal dari perkampungan nelayan di muara batang arau. Di masa pemerintahan VOC padang ramai di kunjungi karena padang di jadikan pusat perdagangan emas, teh, kopi dan rempah-rempah. Padang di jadikan ibukota Sumatra barat karena padang adalah kota yang penuh sejarah-sejarah bagi provinsi Sumatra barat.
                         Sesampai nya di pusat kota Padang. Ibroh menuntun jalan menuju ke rumah nya. Sekitar 15 menit berjalan kaki, akhir nya kami sampai di suatu desa yang di sebut dengan desa nelayan. Karena rata-rata penduduk nya berprofesi sebagai nelayan. Ibroh tergolong orang yang cukup kaya. Ayah nya mempunyai banyak kapal penangkap ikan di negeri padang ini.--- Sudah lam tidak bertemu dengan  orang tua nya ibroh akhir nya aku bertemu kembali. Aku menyalami tangan ayah dan ibu nya ibroh. Maaf di ralat, lebih tepat nya papa dan mama nya ibroh.
             “Apa kabar makdang?? Sudah lama kita tidak bertemu setelah ibroh tamat SD.” Ujar ku sambil menyalami ibu nya Ibroh.
            “Kabar baik Rayten. Kamu juga baik-baik aja kan. Udah besar kamu nya sekarang, Rayten. Udah tambah tampan aja.” Puji ibu Ibroh.
            “Terimakasih makdang!!” Jawab ku.
         Setelah selesai menyalami ibu Ibroh, aku lanjut dengan menyalami Ayah Ibroh. Dia menepuk pundak ku dan mengatakan kalau aku ini cocok jadi tentara. Tapi sayang, itu bukan lah tujuan hidup ku. Hal yang sama pun di lakukan oleh Thoriq. Ia menyalami kedua orang tua Ibroh. Setelah selesai kami membicarakan makasud kedatangan kami.
             “Begini, makdang. Kami berdua bertemu dengan Ibroh tadi di perjalanan dari kampung ke sini. Kami kesini mau mendaftar di sekolah pelayaran di Padang Pariaman. Boleh kah kami menumpang tidur di rumah makdang selama 3 hari saja makdang?.” Tanya ku.
              “Kan sudah aku bilang, kalian bisa tinggal di rumah ku dulu. Lagipun papa sama mama ngk akan marah. Iya kan pa, ma?.” Kata Ibroh menyela
             “Tentu saja!! Tidak ada yang melarang kalian untuk tingal di sini. 1 bulan pun tidak apa-apa!!” kata ayah Ibroh.
             “Terima kasih Pakdang.”kata ku singkat.

       Ibroh memiliki rumah gadang yang memiliki 7 kamar. 1 kamar untuk ayah dan ibu nya. 3 kamar untuk Ibroh dan saudara-saudara nya. 3 kamar yang tersisa di gunakan untuk kamar tamu. Bagi ku, rumah Ibroh sangat lah besar, ditambah dengan lukisan dan silsilah keluarga nya yang bersuku Payobode. Ia menunjukkan seluk beluk rumah nya yang besar itu pada kami berdua. Dulu, di desa Koto Baru, Mungka, ia tidak memiliki rumah semegah ini. Setelah selesai ia menunjukkan di mana kami akan tidur. Aku dan Thoriq memilih untuk tidur satu kamar saja. Kami berdua di terpesona dengan indah nya kamar tamu ini. Walaupun terbuat dari kayu, tapi kamar ini seperti kamar-kamar yang ada di hotel. Dengan di lengkapi oleh TV termahal di tahun 2002, kami seakan-seakan berada di hotel bintang 5 saja.
           “Ini kamar tamu, atau kamar hotel?” Tanya Thoriq.
           “Ya kamar tamu lah....” jawab Ibroh.
           “Ya sudah... kalian letakkan saja barang kalian berdua di lemari sana.... Setelah itu bersiaplah untuk makan malam.” Sambung nya.
           Kami berdua manggut-manggut kecil. Karena pengaruh perjalanan jauh, aku langsung merebahkan tubuh yang seberat 50Kg ini di atas kasur yang nyaman untuk tamu ini. Karena terlalu nyaman sampai akhirnya aku pun tertidur. Sekitar jam 20.00 wib, aku di bangunkan untuk makan malam bersama keluarga Ibroh. Aku segera mencuci muka dan dengan hanya menggunakan celana pendek aku pergi menuju ruang makan.
           “Maaf aku terlambat!!!” kataku.
           “Silahkan duduk Rayten!!” kata ayah Ibroh.
           “bagaimana keadaan desa Koto Baru sekarang, Ray?” tanya ibu Ibroh memulai pembicaraan.
          “Tidak ada perubahan yang terlalu besar di desa, Makdang. Cuma SD 09 yang sudah mulai di renovasi, Makdang!!” kata ku sambil mengambil nasi.
          “Bagaimana keadaan ayah dan ibu mu di kampung?” Pertanyaan ayah Ibroh membuat selera makan ku langsung hilang. Aku menjelas kan bagaimana keadaan keluarga ku di kampung. Dan aku pun menjelaskan musibah apa yang telah terjadi pada ayah ku. Sehingga ayah ku harus meninggal di perairan india.
          “Jadi, Junaidi sudah tidak ada lagi. Maaf kan aku telah menanyakan hal yang membuat mu sedih.” Kata ayah ibroh minta maaf.
          “Tidak apa-apa pakdang.” Jawab ku singkat.
              Setelah kami semua selesai makan, aku dan Thoriq pergi menuju kamar yang telah di sediakan untuk kami. Aku rebahkan tubuh ku di atas kasur, dan beberapa menit kemudian aku pun tertidur.              
                                    $     $     $

             Sekitar jam 09.00 pagi, aku di bangunkan Thoriq untuk berkemas. Karena sebentar lagi kami bertiga harus berangkat menuju Padang Pariaman. Tidak lupa dengan sarapan, dan pamit kepada ayah dan ibu ibroh. Tepat jam 10.00 kami berangkat ke stasiun kereta api Padang di jalan Stasiun No.1, Simpang Haru, Kecamatan Padang timur.
        Stasiun kereta api Padang telah berdiri semenjak tahun  1891. Pembangunan stasiun ini sejalan dengan pembangunan jalan kereta api sepanjang Padang sampai Sawahlunto, yang di mulai padang tanggal 6 Juli 1889 untuk memperlancar transportasi angkutan batu bara dari Sawahlunto ke pelabuhan Teluk Bayur.
      Sekitar jam 10.20 akhirnya kami bertiga sampai di Stasiun. Ibroh pergi membeli tiket kereta ke Padang Pariaman ke loket. Setelah selesai kami bertiga menunggu kedatangan kereta api jurusan Padang Pariaman. Setelah 1 jam lebih menunggu, akhirnya kereta itu pun telah tiba dan telah siap untuk berangkat ke Padang Pariaman. Kami memilih tempat duduk di gerbong yang ke tiga. Alasan mudah saja, kami memilih gerbong ke tiga ya... karena kami bertiga. Setelah mendapatkan tempat duduk yang nyaman, kami meletakkan semua barang bawaan kami di tempat penyimpanan barang. Tidak lama kemudian terdengar suara dari cerobong asap kereta api, yang menandakan kereta api sebentar lagi akan berangkat.
    Kami habiskan waktu kami di kereta api dengan bercerita dan melihat keindahan alam kota Padang. Ibroh yang bisa di bilang cukup tampan, melihat sebuah gitar di sebelah tempat duduk kami bertiga. Ia meminjam gitar tersebut kepada pemilik nya. Tanpa pikir panjang pemilik gitar tersebut hanya mangut-mangut yang menandakan kalau Ibroh boleh meminjam nya. Ia memulai memetik gitar nya dan menyanyikan sebuah lagu yang berjudul sepanjang jalan kenangan. Karena semakin asyik nya lagu yang di mainkan Ibroh, semua yang ada di gerbong ketiga itu pun ikut bernyanyi.
        “Sepanjang jalan kenangan, kita selalu bergandeng tangan. Sepanjang jalan kenangan kau peluk diri ku mesra. Hujan nya rintik-rintik di awal bulan itu. Menambah nikmat nya malam syahdu!!” begitu lh lebih kurang nya nyanyian di yang begitu indah di gerbong ketiga.
                     *     *     *

             Sekitar 1 jam kurang , akhir nya kami sampai di stasiun kereta Padang Pariaman jam 12.56 WIB. Kami bertiga segera mengambil barang-barang dan segera pergi meninggalkan stasiun. Kami bertiga langsung pergi menuju sekolah pelayaran di jalan Syeh Burhanudin No.1, Korong Tiram, Ulakan Tapakis, Kab. Padang Pariaman. Sekitar 20 menit berjalan kaki, akhirnya kami sampai di BPPP Padang Pariaman.
             Sesampainya di sana, kami bertiga pergi menemui guru bagian penerima murid baru. Kami mendapati seorang guru yang memiliki wajah sangar dan bertubuh tegap. Layaknya seorang kapten yang bijaksana, guru itu menanyakan apa tujuan kedatangan kami?. Ibroh menjawab pertanyaan sang guru dengan lantang. Ibroh menjelaskan maksud kedatangan kami. Sang guru meminta formulir pendaftaran kami bertiga. Ibroh dan Thoriq menyerahkan formulir pendaftaran pada sang guru. Sedangkan aku sibuk mencari formulir itu di tas. Lebih dari 5 menit mencari, aku tidak menemukan formulir itu. Dan akhirnya aku ingat kalau formulir itu berada di lemari kamar tamu di rumah Ibroh.
              “Maaf pak!! Saya tidak membawa formulirnya, pak. Apa saya tetap boleh mendaftar?” Tanya ku setelah sibuk mencari formulir yang ketinggalan di rumah Ibroh.
              “Tidak ada formulir, tidak boleh mendaftar. Itu sudah menjadi peraturan di BPPP!!!” Kata sang Guru dengan tegas.
              “Ray.... apa kamu tidak membawa formulir nya?” Tanya Thoriq.
               “Seperti nya tidak Thor. Pak saya mohon izinkan saya untuk tetap mendaftar!! Ini adalah impian saya pak. Saya mohon pak!!!” Aku mulai merasa cemas.
              “Kalau tidak bisa, tetap tidak bisa.... kamu tidak mengerti ya!!!” Jawab sang Guru dengan lantang dan tegas.
               “Tapi pak....” kata ku singkat.
   
          Di saat aku sedang memohon untuk di izinkan tetap mendaftar di sekolah BPPP, tiba-tiba datang seorang laki-laki bertubuh tinggi dan tegap yang ku tahu nama nya adalah kapten Alexander, datang menghampiri ruang pendaftaran.
          “ada masalah apa Hidir??” tanya sang kapten padan Sang Guru.
          “Dia tidak memiliki formulir pendaftaran, pak. Tapi dia tetap ingin mendaftar di sekolah pelayaran ini. Sudah menjadi peraturan jika tidak memiliki formulir tidak boleh untuk masuk sekolah pelayaran ini pak.” Kata sang guru sambil menunjukku.
          “Aku tau..... Siapa nama mu?” tanya sang Kapten pada ku.
        “ Aku Rayten Zi Carlos, aku berasal dari desa Koto Baru, Mungka. Saya mohon Kapten, izinkan saya masuk sekolah ini!!” kata ku memohon.
        “Begini saja.... Aku akan memberi pertanyaan kepada mu. Jika kamu bisa menjawabnya dengan benar dan tepat, maka aku akan mengizinkan kamu dan teman – teman kamu masuk tanpa tes di sekolah ini. Bagaimana?” kata Sang kapten.
         “ Baiklah, pak....!!!!.” Kata ku.
        “ Apa arti kapal menurut mu???...” kata sang kapten.
       “Kapal adalah sebuah  kendaraan laut, yang paling hebat. Tidak peduli, walaupun kapal itu sudah usang dan  berkarat, tetapi kapal tetaplah kapal. Kapal adalah sesuatu pekerjaan yang akan membawa seseorang untuk belajar bekerja sama. Kerja sama kapal tidak akan berdiri. Itulah arti kapal menurut saya , Kapten.” Kata ku dengan lantang.
          “aku beri kalian kesempatan untuk masuk sekolah BPPP ini tanpa tes. Aku beri kalian kepercayaan. Dan jangan pernah kecewakan aku. Kalian paham, kan?” kata sang kapten.
           “Baiklah kapten. Kami bertiga berjanji akan menjadi siswa yang baik.”

     Dan akhirnya Kami masuk sekolah BPPP ( Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran itu tanpa tes.


 


     Bab 3 : 3 taruna

     Setelah selesai dengan segala urusan di sekolah di kota Padang-Pariaman, aku dan Thoriq segera pamit pulang kepada keluarga Ibroh. Setelah selesai berpamitan, aku dan Thoriq berangkat menuju terminal bis. Waktu telah menunjukkan jam 7 malam. Sengaja kami berdua mengambilrute perjalanan malam. Karena kami takut terjebak macet di siang hari.
    Karena menunggu bus terlalu lama, akhir nya kami baru berangkat sekitar jam setengah sembilan malam.
     "Kita bisa sampai tengah malam kalau begini, Ray." Kata Thoriq cemas.
      "Ya, mau bagaimana lagi. Dari pada kita tidak pulang. Lagipula kan kita turun di Kec. Gugukjadi pasti akan banyak mobil atau tukang ojek yang akan mengantarkan kita ke Kec. Mungka!!" Kata ku menghilangkan kecemasan Thoriq.
    "Terserah kamu sajalah. Aku mau tidur!!"
    Selama di perjalanan aku dan Thoriq lebih banyak tidur dari pada bicara. Sekitar 4 jam berikut nya, akhirnya kami sampai di Kec. Guguk. Setelah menurunkan bawaan kami, kami pun pergi ke pangkalan ojek di daerah yang di sebut Dangung-dangung. Sesampainya di sana kami di kejut kan oleh tidak adanya satu pun tukang ojek. Kecemasan Thoriq ternyata memang terjadi.
    "Kan aku sudah bilang, Ray!!! Bahwa tidak ada tukang ojek jam segini." Kata Thoriq.
    "Tenangkan diri mu, Thor!! Biarkan aku berpikir.    "Mana bisa aku tenang!!! Kamu pikir, jalan ke Kec. Mungka itu dekat ha??? Kita ini di Kec. Guguk, Rayten. Mana mungkin kita berjalan kaki ke Mungka!!!" Kata-kata nya membuat ku mendapatkan sebuah ide.
    "Ya.... aku mendapatkan ide yang bagus. Kita akan jalan kaki ke desa Koto Baru."     "Ya, mau bagaimana lagi. Kalau kamu tidak mau, ya sudah lah. Aku akan pergi sendiri!!!"
     "Ya sudahlah, ayo kita pergi."

      Setelah 1 jam lebih perjalanan, akhir nya kami berdua memasuki desa koto baru. Sengaja aku suruh saja Thoriq terlebih dahulu untuk tidur di rumah, ku. Dengan alasan, hari sudah larut malam.    "Lumayan....!!! Apa??? Jalan ke desa Mungka, jam segini. Kamu sudah gila ya.     Sesampai nya di rumah, aku dan Thoriq mengetuk pintu rumah. Aku di sambut oleh ibu. Mungkin adik ku sudah tidur, yaa.... memang ini sudah jam 01.45 pagi.
     "Kenapa kamu tidak ngasih tau, kalau kamu akan pulang." Kata ibu ku.
     "Ya.... kami berdua baru sampai 1 jam yang lalu. Karena hari sudah malam, tukang ojek sudah tidak ada lagi, bu.!!! Jadi aku dan Thoriq jalan kaki ke sini. Thoriq       di sini dulu, ya bu."
      "Ya, makdang. Lagi pula rumah saya jauh."
       "Iya,, boleh kok!!!"

     Setelah mendapat izin, aku segera pergi ke kamar mandi untuk cuci muka.
     Setelah itu aku menceritakan semua yang terjadi di Padang-Pariaman. Dari pertemuan ku dengan Ibroh, sampai bertemu nya kami dengan kepala sekolah Yang bernama Alexander.
     "Akhirnya dia jadi kepala sekolah, di BPPP. Dia dari dulu sangat memimpikan untuk menjadi seorang kepala sekolah." Kata ibu.
      "Makdang kenal kepala sekolah yang terkenal itu." Kata Thoriq.
      "Tentu saja. Alexander, Diego dan ayah mu, dulu nya adalah 3 Taruna kebanggaan sekolah BPPP. Mereka bertiga berhasil meraih gelar kapten di tahun 1987. Pada saat itu mereka berjanji akan menaungi lautan bersama-sama.                 3 taruna itu bersumpah tidak akan      berpisah sebelum berhasil menuju green land bersama-sama. Dan setelah terwujud mereka pun berpisah, dengan alasan harus melanjutkan hidup. Alexander bertujuan untuk menjadi seorang kepala sekolah, Diego bertujuan menjadi kapten pelaut di negeri cina. Dan ayah mu bertujuan untuk menjadi seorang kapten di negeri eropa. Dari semua nya hanya ayahMu yang belum berhasil."
      "Kenapa bisa, bu??"
      "Dulu ayah mu, sempat ke eropa di saat kamu berumur 2 tahun. Sampai akhirnya di kembali di saat usia kamu 6 tahun. Ayah kamu kemabali dengan badan yang tidak terurus. Dia mengatakan kalau dia tidak berhasil dengan apa yang ia usahakan. Dan akhir nya dia memutuskan untuk menjadi seorang pelaut di Negara ini saja. Jadi ibu berharap kamu bisamelanjutkan cita-cita ayah mu, Rayten."
 
      Mulai hari ini, akan aku wujudkan impian ayah ku.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

6 Kata-Kata Bijak dari Ikhsan

      Hy guys,,,,, kembali dengan saya di blog ini. Hari ini saya akan membagikan kata-kata bijak yang semoga saja bisa membuat inspirasi bagi teman-teman yang membaca. Langsung saja ini dia. 1. Hiduplah seperti BOM, walaupun hancur dia tidak pernah kesakitan. "Apa maksud nya. Walaupun kita hancur atau kalah dalam suatu hal. Jangan lah pernah merasa kesakitan, walaupun sakit tapi berusahalah untuk tetap tersenyum." 2.  Kebebasan adalah hal yang paling di inginkan. Jangan pernah sebut kalau kamu sudah hidup sebelum kamu merasa bebas. "Apa maksud nya. Kita semua tau kalau setiap manusia menginginkan kebebasannya. Hidup ini tidak akan pernah sempurna tanpa ada rasa kebebasan. 3. Ada saat nya, kita harus berdiri dan menentang yang tamak. Yaitu di saat orang yang kita sayangi di lukai oleh yang tamak. "Apa makna nya. Dunia ini dipenuhi dengan ketamakan. Sehingga ketamakan itu melukai orang yang kita sayangi. Jangan pernah membiarkan yang ta

KRU TOPI JERAMI YANG MEMAKAN BUAH SETAN

                               Hy...... hari ini saya akan membahas masalah film anime One Piece. Kalian pasti sudah tau film anime One Piece. Film ini sangatlah identik dengan yang nama nya bajak laut. Di film one piece ini terdapat buah yang bernama buah setan. Buah ini akan membuat orang yang memakan nya akan menjadi kuat atau mendapatkan kekuatan. Oke langsung saja, ini dia....       1. MONKY. D. LUFFY                      Monky. D. Luffy adalah pemimpin bajak laut topi jerami. Ia adalah pemakan buah setan gomu-gomu yang membuat nya menjadi manusia karet.           Luffy juga lahir di keluarga yang tak biasa, di mana kakaknya, Portgas D Ace adalah seorang pemakan buah setan Mera-Mera dan juga tangan kanan dari Whitebeard Pirate. Sementara itu, kakek Luffy bernama Monkey D Garp, salah satu petinggi Angkatan Laut. Dan yang tak kalah mengejutkan, ayah Luffy, Monkey D Dragon adalah ketua dari revolutionary army yang merupakan musuh utama dari para Angkatan Laut.       Sumbe

Pengalaman hidup 2 : jomblo itu enak ngak ya?

Hy guysss.... hari ini saya akan melanjutkan pengalaman hidup 2 dengan judul jadi jomblo itu enak ngak ya ?.... kenapa saya buat artikel kayak gini?? Karena saya ingin membuktikan kalau hidup ini pun indah walaupun kita jomblo di masa muda.... Saya buat artikel ini bukan untuk mengejek para jomblo,,,, malahan saya akan buat para jomblo akan lebih semangat lagi untuk menjalani hidup sebagai seorang jomblo...     Bisa kita liat sendiri,,, masa sekarang ini sudah banyak yang nama nya PACARAN. Di jaman now ini pacaran sudah tidak asing lagi. Dimana pacaran itu sudah seperti suami istri bagi yang berlebihan. Langsung saja,,, ini lah alasan kenapa kita harus tetap menjoblo sampai kita menikah:          1. Di larang Agama          Bagi yang islam pacaran ini jelas dilarang. Karena dengan pacaran itu sudah menjerumuskan kita ke yang nama nya berzina. Jadi bagi yang jomblo agama nya islam berpegang teguh lah pada alasan pertama ini.         2. Masih belum saat nya.            Bagi